Derisusanti's Blog

Just another WordPress.com weblog

Tugas Interaksi Manusia dan Komputer

A. FENOMENA CMS DAN KAITANNYA DENGAN PERKEMBANGAN INTERFACE PADA APLIKASI WEB

CMS kalau dihubungkan dengan IMK, yaitu merancang suatu interface web melalui CMS tersebut disesuaikan dengan teori-teori IMK-nya. User/pemakai internet bisa melihat interface web yang berbasis CMS lebih enak dan nyaman dilihat oleh pemakai itu sendiri.sehingga si pemakai tidak terlalu bersusah – susah dalam pengoperasian suatu alat

Implementasinya kedepan adalah bagaimana user bisa bekerja menggunakan computernya agar lebih efisien dan nyaman . Seperti Mouse yang enak atau keyboard yang enak dan simple. kemudian penggunaan ccttv yang dapat mempermudah kerja manusia sehingga sehingga tidak susah- susah dalam melihat suatu kejadian.

B. 1. Membuat Aplikasi RMI(Remote Methode Invocation)

Kadang kita memerlukan mekanisme untuk memisahkan atau mendistribusikan aplikasi kita, agar bisa di akses di jaringan. Ada beberapa cara untuk melakukannya, bisa dengan Web Service, atau bisa juga dengan menggunakan teknologi yang disebut dengan RMI (Remote Methode Invocation).
Java RMI memungkinkan untuk membuat aplikasi terdistribusi, dimana aplikasi Java yang di buat bisa di pisahkan dalam mesin atau host yang berbeda. Sesuai dengan namanya Invoc, maka modul yang di panggil hanya akan aktif ketika di panggil. Atau mirip dengan pengiriman SMS, jika operator menerima SMS dari pengirim, maka akan langsung mengirimkan ke si penerima.
Implementasi RMI ini sangat luas, misalkan salah satu contoh, sebuah perusahaan atau organisasi memiliki beberapa cabang yang tidak bisa selalu online, namun ingin aplikasi yang di buat di cabang bisa selalu ter update, dan tanpa perlu memberikan informasi kepada pengguna di cabang.
Skenario dengan RMI adalah dengan membuat di sisi server yang selalu standby, dan di sisi client di atur dengan periode waktu tertentu melakukan update ke server.
Contoh RMI Server (dibuat dengan Netbeans 6.5)
Struktur aplikasi/ paket
RMISederhanaServer
-business
-RMIBusiness.java
-interfc
-RMIInterface.java
-server
-AppServer.java

B.2 Koneksi Internet dengan Smart Axses-tel EVDO

Baik tidaknya koneksi yang disediakan oleh operator tidak bisa ditentukan bahwa modem A dari operator X adalah yang terbaik, hal ini akan sangat ditentukan, apakah di daerah tempat anda menggunakan koneksi internet itu sudah di dukung layanan dengan baik atau tidak.

Berikut hal hal yang bisa diperhitungkan dalam pemilihan modem

1. Lihat Coverage area yang ditawarkan, pastikan daerah tempat anda tinggal, bekerja atau dominan berkunjung masuk kedalam coverage area, jangan lupa, warna coverage area sangat berpengaruh

2. Lihat kecederungan operator, biasanya operator yang perduli kepada pelanggannya akan mempertimbangkan subscriber/ pendaftar koneksi. Operator tidak bisa saja sembarangan tanpa membatasi pendaftar, karena makin banyak yang daftar, tanpa di ikuti dukungan penambahan kapasitas BTS hanya akan merugikan pelanggan lama

Bahkan saya pribadi berkesimpulan, cepat tidaknya akses internet tergantung dari banyak tidaknya subscriber operator yang bersangkutan, makin sedikit biasanya makin cepat. Makanya jika ada operator menawarkan akses internet baru, pasti koneksinya lebih cepat. Dan seriring dengan bertambahnya pelanggan biasanya performanya menurun.

Namun jika operator tersebut mengutamakan kualitas seharusnya tidak tergantung pada cepat tidaknya koneksi. Makanya sebagai customer kita harus lebih sering memberikan “masukan” dalam artian lebih cerewet kepada operator agar selalu menjaga kualitas.

Kelengkapannya cukup baik, driver tersedia untuk sistem Operasi Windows dan Machintos. Untuk testing apakah sebuah modem, paling mudah adalah dengan mengunjungi website yang menyediakan video streaming, misalnya Youtube, atau website yang menyediakan live tv, misalnya TV One jika koneksinya bagus, maka streamingnya akan berjalan dengan smooth.

Dengan menggunakan Speedtest.net didapatkan hasil sebagai berikut :

Download 1,36 MBPS, Upload 0.41 MBPS atau setara jika anda mendownload file lagu yang berukuran 5 MB bisa dilakukan dalam wakup 30 detik atau video klip sebesar 35 MB akan didownload dalam waktu 4 menit

Dengan hasil tersebut sangatlah menyenangkan untuk browsing menggunakan Axess-tel.

Mengenai installasi dan konfigurasi modemi Axess-tel bisa mengunjungi website Smart Telecom Indonesia.

No comments yet.

Leave a comment